Saturday, January 22, 2011

Legenda Imlek - Versi Wikipedia

Menurut cerita dan legenda, awal Imlek atau Tahun Baru Cina dimulai dari pertarungan melawan sebuah binatang buas yang bernama Nien.

Nien selalu muncul pada hari petama Tahun Baru untuk mengambil hasil panen, ternak dan bahkan warga desa, terutama anak-anak. Dan untuk melindungi diri mereka,  tiap warga desa akan meletakkan makanan di depan pintu rumah mereka masing-masing pada awal tiap tahun. Dipercaya dengan melakukan begitu, Nien hanya memakan makanan tersebut dan tidak akan menyerang penduduk.

Suatu hari, ada yang melihat Nien ketakutan dan lari karena ketemu seorang anak yang memakai pakaian berwarna merah. Penduduk desa akhirnya mengambil kesimpulan Nien ternyata memang takut akan warna merah.

Oleh sebab itu ketika tiap Tahun Baru akan tiba, penduduk-penduduk desa akan memasang lampion merah dan hiasan gulung merah pada tiap jendela dan pintu.

Selain itu, mercon-mercon juga diledakkan untuk menakuti Nien agar tidak mendekati warga. Sejak saat itu, Nien tidak pernah datang ke desa tersebut lagi.

Dan akhirnya, nasib Nien berakhir di tangan seorang pendeta Tao bernama Hongjun Laozu. Nien dirubah menjadi sebuah gunung.

Sumber Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Chinese_New_Year#Mythology

0 comments:

Post a Comment